Belajar Bisnis di Dunia Maya

Senin, 13 April 2009 | 08:28 WIB
Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah politisi yang selama ini terkenal vokal di DPR, juga terancam tak mendapatkan kursi pada pemilu tahun ini. Selain Agung Laksono, sejumlah nama lain, seperti politisi PAN Ade Daud Nasution dan Abdillah Thoha, juga diprediksi sama. Setidaknya, hal itu berdasarkan hasil analisis Peneliti Senior Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanuddin Muhtadi, yang merujuk pada penghitungan cepat lembaganya.

Ade Daud dan Abdillah Thoha bertarung di daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II. Untuk memperebutkan satu dari tujuh kursi yang tersedia di dapil ini, bilangan pembagi pemilih (BPP) yang harus dipenuhi sekitar 14,2 persen.

“Padahal, PAN hanya mendapat 4,83 persen, jauh sekali dari 14,2 persen,” kata Burhanuddin, Minggu (12/4) malam, kepada Kompas.com.

Dengan margin of error plus minus 7 persen, menurut dia, sangat sulit untuk keduanya mendapatkan kursi. “Kemungkinan besar Ade Daud dan Abdillah Thoha tidak lolos,” ujarnya.

Di DKI Jakarta II, perolehan kursi kemungkinan didominasi Demokrat dan PKS yang masing-masing mendapatkan 37,64 persen dan 17,10 persen. Sisa kursi diprediksi akan diperebutkan PDI Perjuangan yang memperoleh 10,19 persen di dapil ini.

Putri Bung Hatta yang menjadi caleg Gerindra, Halida Hatta, juga diprediksi sama. Gerindra di dapil DKI Jakarta II hanya memperoleh 5,56 persen suara. “Jika ditambah margin of error 7 persen, juga belum memenuhi BPP 14,2 persen,” kata Burhanuddin.

Sementara itu, hasil analisis LSI hanya dilakukan atas sejumlah dapil di Pulau Jawa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: