Belajar Bisnis di Dunia Maya

Tim yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Perancis berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan berada 330 km arah barat Kota Bengkulu.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris.

“Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua,” kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/5).

Gunung api bawah laut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini.

“Bagaimanapun gunung api bawah laut sangat berbahaya jika meletus,” katanya. Survei yang menggunakan kapal seismik Geowave Champion canggih milik CGGVeritas itu adalah yang pertama di dunia karena menggunakan streamer terpanjang, 15 km, dari yang pernah dilakukan oleh kapal survei seismik.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui struktur geologi dalam (penetrasi sampai 50 km) yang meliputi Palung Sunda, prisma akresi, tinggian busur luar (outer arc high), dan cekungan busur muka (fore arc basin) perairan Sumatera.

Sejak gempa dan tsunami akhir 2004 dan gempa-gempa besar susulan lainnya, terjadi banyak perubahan struktur di kawasan perairan Sumatera yang menarik minat banyak peneliti asing.

Tim ahli dari Indonesia, AS, dan Perancis kemudian bekerja sama memetakan struktur geologi dalam untuk memahami secara lebih baik sumber dan mekanisme gempa pemicu tsunami menggunakan citra seismik dalam (deep seismic image).
Sumber:Kompas.com

Comments on: "Ditemukan Gunung Api Raksasa Di Bawah Laut Sumatera" (7)

  1. Sangat besar dan sangat tinggi? Wuah, kalau meletus gimana tuh…! Maksudnya kita kudu ati-atilah, ancaman bencana Tzunami yg lebih hebat pasti!

  2. merry rossari said:

    Subhanallah.
    Sebenarnya gunung tersebut sudah terdeteksi melalui GOOGLE EARTH. Cuma hanya terlihat seperti tonjolan seperti bisul. berada di arah jam 08.30 dari Kota bengkulu, dan arah jam 07.00 dari kota padang.

  3. BAYU SUTANTO said:

    Subhanallah.
    Sebenarnya gunung tersebut sudah terdeteksi melalui GOOGLE EARTH. Cuma hanya terlihat seperti tonjolan bisul. berada di arah jam 08.30 dari Kota bengkulu, dan arah jam 07.00 dari kota padang. (Kok baru jadi bahan omongan sekarang ya…?😕 )

  4. wah..ternyata inilah teka-teki selama ini, terjawab sudah…!!
    trims atas infonya.

    sabdalangit’s web
    http://sabdalangit.wordpress.com/pengalaman-gaib/naga-raksasa-di-langit-bengkulu/

  5. Deddy Irawan said:

    mudah2an ini tidak membahayakan dan mengingatkan kepada manusia agar selalu berbuat baik n bertaqwa kpd Allah agar di jauhi dr musibah.
    Amin..!

  6. Deddy Irawan said:

    mudah2an ini tidak membahayakan dan mengingatkan kepada manusia agar selalu berbuat baik n bertaqwa kpd Allah agar di jauhi dr musibah.
    Amin..!

  7. الله اكبر ٣؟سبحن الله.apa yang tdk mungkin untuk ALLAH inginkan.tinggal kita memawas diri ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: