Belajar Bisnis di Dunia Maya

INILAH.COM, Jakarta – Meskipun populer di seluruh dunia, Facebook hingga kini masih merugi. Untuk mengumpulkan revenue, situs jejaring sosial itu mengenalkan sistem pembayaran internal baru. Facebook berharap bisa menghasilkan keuntungan dengan tidak mengandalkan pada iklan.

Sistem pembayaran itu menyediakan kredit pada user Facebook. Kredit itu kemudian dapat digunakan untuk membeli barang virtual dari aplikasi pihak ketiga yang berjalan di situs lain atau di situs Facebook itu sendiri.

Facebook berharap dengan menawarkan mata uang virtual akan mendorong lebih banyak perdagangan online di situsnya. Sebagai penyedia sistem pembayaran, Facebook akan menarik bayaran dari setiap transaksi.

“Upaya ini akan signifikan. Situs jejaring sosial telah lama kesulitan mengumpulkan revenue,” kata Ray Valdes, analis di Gartner Research. Valdes memperkirakan revenue dari sistem pembayaran itu akan menyumbang sepertiga dari income Facebook.

User Facebook telah lama menggunakan uang sungguhan untuk membeli barang virtual. Aplikasi terbesar di Facebook, Zynga dilaporkan memiliki penjualan tahunan mencapai US$ 100 juta. Game itu dimainkan oleh 42 juta user di seluruh dunia.

Penjual aplikasi di Facebook diperkirakan bisa mengumpulkan lebih dari US$500 juta pada tahun ini, lebih besar dari yang didapat Facebook itu sendiri. Sistem pembayaran hanya diujicoba untuk tiga aplikasi pada saat ini.

Tapi Facebook menjanjikan akan lebih banyak digunakan pada aplikasi lain. Sistem pembayaran itu akan menjadikan Facebook sebagai pemain besar di bidang e-commerce. “Facebook bisa menjadi portal belanja dan sumber untuk download lagu,” kata Valdes.

Sejak lama Facebook dipertanyakan karena sulit mengumpulkan uang. Tapi pekan lalu Chief Executive Facebook Mark Zuckerberg mengatakan perusahaannya sudah untung dalam ukuran Ebitda (earning before interest, tax, depreciation and amortisation) selama lima triwulan berturut-turut. Facebook juga mematok revenue bisa tumbuh 70% tahun ini.

Zuckerberg menegaskan cash flow Facebook akan profitable pada tahun depan. Analis menyebut pendapatan Facebook pada 2009 akan mencapai US$ 500 juta.

Facebook saat ini telah memiliki lebih dari 300 juta user dan terus tumbuh. Pekan lalu Facebook mendapat dana investasi US$ 200 juta dari Digital Sky Technologies kelompok investasi internet dari Rusia.

Facebook bermaksud mendorong profitabilitasnya di saat pertumbuhan usernya terus meningkat tajam. Jumlah user Facebook di AS yang meluangkan waktunya di situs jejaring sosial itu juga naik 83% tahun lalu menurut riset Nielsen Online.

Tapi Nielsen Online juga mewanti-wanti puncak kepopuleran jejaring sosial adalah sekarang. Hal itu bisa dilihat dari Friendster serta MySpace yang pernah tak terkalahkan di masanya, kini sudah ditinggalkan user. “Facebook dan Twitter juga bisa terancam,” kata Jon Gibs, Wakil Presiden Nielsen Online Media.

Untuk itu Facebook harus mencari cara yang kreatif untuk mengumpulkan revenue. Jejaring sosial terbukti bukan bisnis yang selamanya mengutungkan. “User bisa dengan mudah berpindah ke platform lain,” jelas Gibs. [E1]

Iklan

Comments on: "Wah Gawat…Main Facebook Harus Bayar…?" (9)

  1. ILYAS AFSOH said:

    EHMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM
    BAYAR YA??

  2. anggabusinessenglish said:

    Mhhhh….I’ve just known that.

  3. kirain bayar apaan, kalo kaya gini mah masih ok deh

  4. Hmm.. Setahu saya, pembayaran itu melalu barang2 virtual pihak ketiga seperti yang disebutkan di atas.

    Kemudian, ada sebuah sistem pembayaran dimana sistem ini mengacu pada LIMITED FEATURES.
    Maksudnya, basic feature untuk facebook akan tetap gratis, namun semua serba dibatasi seperti Limited Friend, Limited Photo and Photo-tagging, Limited Uploading, dsb.
    Konsepnya misalkan, kita bisa mengupload foto namun hanya dalam jumlah terbatas, lebih dari itu, user digunakan biaya tambahan yang telah diatur nanti dan lain-lain.

    Kita nantikan saja bagaimana kiprah facebook selanjutnya..

    PS : denger2 youtube juga bakal bayar lho.. jadi puas2in mengunduh film2..

  5. bayar? ra sudi!!!!

  6. selama ga memberatkan para member dan di situs jejaring tersebut kan byk dr tmen2 qt manfaatin sbg ladang bisnis nah……!!!!! saling menguntungkan kan

  7. bayar?? wedew, udah duid listrik, modem .net, tambah ef Bhe?? abes deh duid gwe ==’

  8. jd maksudnya cmn bbrapa aplikasi aja yang di kenakan biaya? tp katanya semua user hrs dftar ulang lg. bner ga si?

  9. nama cewek gatel said:

    goblok kalu kita mau bayar ,, yang bayar tuh yang pasang iklan atau yang beli produk ,, kalu kita yang update status bayar ,, yaitu yang jadi masalah sayang…………………………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: