Belajar Bisnis di Dunia Maya

Saat ini banyak kecelakaan yang terjadi dalam melakukan pekerjaan baik di pabrik ataupun di rumah akibat akumulasi gas yang berlebihan dan juga kebakaran . Yang terjadi selama ini , saat terjadinya kebocoran gas di sebuah ruangan tidak diketahui dimana tepatnya sumber gas itu berasal. Begitu juga dengan kebakaran kita tahu telah terjadi kebakaran ketika api sudah mulai membesar dan merambat kemana-mana akhirnya jatuhnya korban dan kerugian material tidak dapat dihindarkan .
Karena itu diperlukan suatu alat yang dapat mencegah sedini mungkin terhadap terjadinya akumulasi gas atau asap yang berlebihan tepat pada sumber gas atau asap itu berasal .Sehingga tidak sempat terjadinya kerugian material yang banyak apalagi korban nyawa . Sifat pencegahannya terdapat pada pemberitahuan di saat yang tepat kalau terjadi konsenterasi gas atau asap yang tinggi.
Alat ini akan mendeteksi jika terdapat akumulasi gas atau asap pada konsenterasi tertentu .
Input dari alat ini berasal dari sensor asap dan gas TGS 2600 yang peka terhadap asap dan gas . Sinyal analog dari sensor akan dikonversi oleh ADC (Analog to Digital Converter) . Selanjutnya output digital dari ADC akan diteruskan ke mikrokontroler . Dari mikrokontroler terhubung ke rangkaian alarm dan LCD Display . Selanjutnya alarm dapat di-OFF-kan dengan menekan tombol Reset pada alat .
Sistem ini akan memberitahukan di saat yang tepat ketika terjadi konsenterasi asap dan gas yang tinggi. Saat terjadi konsenterasi asap atau gas yang berlebihan di sebuah ruangan maka mengaktifkan alarm . Sehingga system ini merupakan penanggulangan pertama terhadap kebocoran gas.

Iklan

Comments on: "Pendeteksi Kebocoran Gas dan Kebakaran" (1)

  1. tolong informasi harganya saya siap untuk memasarkan produk tersebut.trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: